Bayangkanlah kelas yang saat ini Anda ampu dengan segala keragaman murid-murid Anda
Saya mengampu pelajaran matematika di SMAN 1 Way Jepara. Disini, setiap guru mendapatkan kesempatan untuk mengajar tidak hanya di satu level saja. Sehingga setiap guru mengajar di kelas X, XI, dan XII. Saya mendapatkan kelas X, XI IPA, dan XII IPS. Tentunya dengan perbedaan jurusan pstilah siswanya juga berbeda karakter dan latar belakangnya. Keragaman sudah cukup melekat bagi saya dalam pengalaman mengajar di SMAN 1 Way Jepara.
Apa yang telah Anda lakukan untuk melayani kemampuan murid yang berbeda? Apa yang Anda lakukan untuk membuat proses pembelajaran menjadi lebih mudah untuk murid Anda? Apakah ada perlakuan yang berbeda yang Anda lakukan? Jika ada, perlakuan seperti apa? Jika tidak ada, apa dampaknya terhadap murid Anda?
Saya bertemu dengan berbagai macam murid yang berbeda kemampuannya, berbeda latar belakangnya, dan berbeda gendernya. Tentu dalam memberikan layanan berupa pembelajaran, tidak bisa dipukul rata. Harus dilakukan analisis dahulu mengenai kemampuan siswanya.
Saya telah melakukan pretest untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa saya, meskipun belum rutin saya lakukan. Namun setidaknya saya telah mencoba terutama saat PPG Daljab tahun 2022 kemarin.
Saya melakukan berbagai inovasi agar pembelajaran semakin mudah untuk siswa saya. Seperti belajar diluar kelas, belajar dengan mengunakan gadget, melakukan refleksi, dan mencoba melakukan pembelajaran bentuk visual misalnya dengan geogebra.
Perlakuan saya tentu berbeda. Tidak bisa disamakan antara siswa yang kemampuan tinggi dengan siswa kemampuan cukup. Tingkat toleransi pada kedua jenis siswa tersebut pun tidak bisa sama. Soal-soal yang diberikan juga berbeda tingkat kesukarannya.
Perlakuan yang berbeda seperti pembimbingan yang lebih mendalam kepada siswa yang berkemampuan cukup. Kemudian berusaha membuat LKPD yang berbasis visual, audiotori, dan kinestetik, karena gaya belajar siswa juga tidak sama.
Sebutkan tantangan-tantangan yang Anda hadapi dalam proses pembelajaran di kelas yang disebabkan oleh keragaman murid-murid Anda tersebut? Tindakan-tindakan apa yang telah Anda lakukan untuk mengatasi tantangan-tantangan tersebut?
Tantangan yang saya hadapi dalam pembelajaran di kelas yang disebabkan keragaman adalah sering tidak "bareng" antara penyelesaian siswa. Siswa dengan kemampuan visual tentu cepat belajar jika diberikan konten visual, namun jika praktik maka ia kesulitan.
Justru sebaliknya, siswa yang kinestetik akan melaju dengan cepat melalui pembelajaran praktik. Tindakan saya yaitu berusaha membuat perbedaan konten belajar, yang disesuaikan dengan gaya belajar, disesuaikan dengan kemampuan awal, dan disesuaikan dengan konten.
Menurut Anda, untuk mengakomodasi tantangan yang terkait dengan keragaman murid tersebut, bagaimana seharusnya pembelajaran itu dirancang, dilaksanakan, dan dievaluasi?
Pembelajaran seharusnya berdiferensiasi, dengan memperhatikan konten, gaya belajar kemampuan awal, dan asesmen. Sebelum mengajar, hendaknya guru memetakan kemampuan siswa dengan baik, dan mengadakan penilaian yang berbeda juga. Karena kemampuan siswa juga tidak sama.