6D88uBH2OkoWmaX0SxhtgruSVDdsh0Chic06QzDU

Cari Blog Ini

Laporkan Penyalahgunaan

AKSI NYATA MODUL 1.4 - DESIMINASI BUDAYA POSITIF



LATAR BELAKANG

Budaya positif di sekolah adalah elemen kunci dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang mendukung perkembangan holistik siswa. Dalam budaya positif ini, nilai-nilai seperti rasa hormat, kerja sama, toleransi, dan tanggung jawab ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah. Selain itu, budaya ini juga mencakup penghormatan terhadap keberagaman dan inklusivitas, di mana setiap siswa merasa diterima tanpa memandang latar belakang, suku, atau kondisi pribadi.

Salah satu dampak positif dari budaya sekolah yang positif adalah menciptakan lingkungan yang aman, baik secara fisik maupun emosional. Siswa yang merasa diterima dan didukung secara emosional lebih cenderung berkembang dengan baik, memiliki harga diri yang positif, dan merasa nyaman dalam belajar. Mereka juga lebih mampu mengekspresikan diri, berpartisipasi dalam kegiatan sekolah, dan merasa termotivasi untuk mencapai potensi maksimal mereka.

Selain itu, budaya positif di sekolah juga berdampak positif pada hasil pendidikan. Ketika siswa merasa nyaman dan didorong untuk belajar, mereka lebih cenderung mencapai hasil akademik yang lebih baik. Selain itu, kerja sama antara guru, staf, siswa, dan orang tua dalam menciptakan budaya positif ini membantu memperkuat hubungan di komunitas sekolah, menciptakan ikatan yang kuat antara semua pihak yang terlibat dalam pendidikan. Dengan demikian, budaya positif di sekolah bukan hanya tentang mencetak akademisi yang cerdas, tetapi juga individu yang berempati, tangguh, dan siap menghadapi tantangan di masa depan.


TUJUAN

  1. Menumbuhkan budaya positif dengan menanamkan nilai kebajikan dan keyakinan
  2. dan kesepakatan kelas yang sudah di buat
  3. Memahami konsep posisi kontrol sebagai pendidik
  4. Memahami konsep kebutuhan dasar manusia
  5. Memahami penerapan segitiga restitusi
  6. Mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid
  7. Memahami Nilai-Nilai Kebajikan Universal
  8. Mengajarkan murid mencari solusi dari suatu permasalahan


TOLOK UKUR

Peserta deseminasi dapat:
  1. Menumbuhkan budaya positif dengan menanamkan nilai kebajikan dan keyakinan
  2. dan kesepakatan kelas yang sudah di buat
  3. Memahami konsep posisi kontrol sebagai pendidik
  4. Memahami konsep kebutuhan dasar manusia
  5. Memahami penerapan segitiga restitusi
  6. Mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid
  7. Memahami Nilai-Nilai Kebajikan Universal
  8. Mengajarkan murid mencari solusi dari suatu permasalahan


LINIMASA TINDAKAN

Beberapa proses yang saya jalani antara lain:
  1. Meminta izin kepada Kepala Sekolah untuk melakukan sosialisasi
  2. Melakukan sosialisasi kepada warga sekolah terkait budaya positif, kesepakatan kelas dan Profil Pancasila
  3. Menjelaskan pengertian dan manfaat kesepakatan kelas
  4. Guru berkolaborasi dengan peserta didik membuat kesepakatan [keyakinan] kelas
  5. Menumbuhkan dan menanamkan pembiasaan nilai - nilai Profil Pelajar Pancasila
  6. Menjadikan kesepakatan kelas menjadi pembiasaan positif dan aksi nyata di kelas atau di lingkungan sekolah
  7. Melakukan pembuatan keyakinan kelas [dalam bentuk video]
  8. Mempraktikkan segitiga restitusi [dalam bentuk video]
  9. Menerapkan keyakinan dan restitusi secara berkelanjutan dan konsisten


DESKRIPSI AKSI NYATA

Langkah pertama yang saya lakukan adalah saya menyampaikan rencana Diseminasi Budaya Positif kepada kepala sekolah SMAN 1 Way Jepara, yaitu Bapak Suparwan, S.Pd. M.Pd. Beliau mengizinkan saya untuk mengadakan deseminasi. Saya memutuskan untuk melaksanakan kegiatan pada hari Rabu tanggal 25 Oktober 2023 dari pukul 08.00 WIB hingga 09.00 WIB.

Saya mempersiapkan powerpoint dan juga undangan yang saya berikan kepada rekan-rekan sejawat saya yang tertarik kepada guru penggerak. Saya juga melakukan koordinasi dengan tim terkait diantaranya tim sarana prasarana yaitu Bapak Sigit Kurniawan, tim multimedia yaitu Bapak Ahmad Subekan, tim konsumsi yaitu saya sendiri hehe.

Sasaran Diseminasi Budaya Positif ini adalah Bapak Ibu Guru Tenaga Pendidik dan dari SMAN 1 Way Jepara.

Dalam kegiatan ini, saya menyampaikan mengenai Nilai-Nilai Kebajikan Universal, Disiplin Positif, Keyakinan Kelas, Hukuman dan Penghargaan, Restitusi, Segitiga Restitusi dan Lima Posisi Kontrol.

Para peserta menyimak dengan baik dan juga dengan antusias bertanya dan menjawab pertanyaan pemantik.


HASIL DARI AKSI NYATA

Rangkaian kegiatan Aksi Nyata dalam Diseminasi Budaya Positif yang saya lakukan menghasilkan pemahaman dari pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah mengenai implementasi Budaya Positif di sekolah, khususnya dalam penyusunan keyakinan kelas dan restitusi. Sehingga akan tercipta pembelajaran yang nyaman dan menyenangkan serta berpihak pada murid.


PEMBELAJARAN YANG DI DAPAT DARI AKSI NYATA

Hal yang saya dapatkan dalam kegiatan Diseminasi Budaya Positif adalah mandiri dan kolaboratif. Saya mempersiapkan diri dalam pelaksaan ini, belajar dengan tekun, menyiapkan prasarana yang diperlukan ntuk dapat terlaksananya kegiatan Diseminasi ini. Harapan saya juga dapat berkolaborasi dengan semua stakeholder sekolah untuk terus dapat mengimplementasikan Budaya Positif di SMAN 1 Way Jepara. Seluruh warga sekolah harus terus berkolaborasi dalam mewujudkan visi dan misi sebagai prakarsa perubahan dalam menguatkan karakter positif dalam mencetak generasi yang berjiwa Profil Pelajar Pancasila


RENCANA PERBAIKAN

Rencana saya ke depan akan terus berinovasi dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan berpihak pada siswa demi dapat “menuntun” siswa agar dapat berkembang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zama. Besar harapan saya akan terus adanya perbaikan dalam mengimplementasikan Budaya Positif di sekolah. Saya terus melakukan kolaborasi bersama Kepala Sekolah, teman CGP SMAN 1 Way Jepara dan seluruh Bapak Ibu guru, mengikuti pelatihan serta belajar mandiri dari berbagai sumber terkait pengembangan pembelajaran yang berpihak pada siswa. Serta berupaya terus dapat mengimplementasikan Budaya Positif di sekolah melalui keyakinan kelas demi terwujudnya visi dan misi dalam mencetak generasi yang berjiwa profil pelajar pancasila.


DOKUMENTASI KEGIATAN

Dokumentasi kegiatan berupa video yang saya upload di Youtube, disertai dengan beberapa foto pascadeseminasi.







Untuk ppt yang saya gunakan saat pengimbasan, dapat dilihat pada Canva berikut.

PENGIMBASAN BUDAYA POSITIF oleh Kiki Herdiansyah

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar